Minggu, 05 Juni 2011

Naskah Video Pembelajaran untuk Taman Kanak-kanak

NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN
“MENCERITAKAN TENTANG PERBEDAAN TERAPUNG DAN TENGGELAM”
A. LATAR BELAKANG
Guru adalah seseorang yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran Tanpa adanya guru, kecil kemungkinan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal. Namun pada suatu saat guru juga dapat menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran. Misalkan pada saat memberikan pembahasan materi mengenai suatu pokok bahasan, banyak siswa yang kurang mengerti terhadap materi yang dijelaskan. Hal ini terjadi karena guru hanya menjelaskan pelajaran yang sulit dimengerti dengan kata-kata saja, meskipun telah diselingi dengan contoh.
Berdasarkan kenyataan tersebut peran media dalam pembelajaran sangatlah besar untuk membantu proses pembelajaran itu sendiri. Dalam menjelaskan pokok bahasan kepada siswanya, guru dapat menggunakan media yang sesuai, baik itu media audio, visual, ataupun media audio visual.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan dari manusia lebih dapat memahami dan mengerti apa yang dilihat dan didengar secara langsung oleh panca inderanya. Berdasarkan hal tersebut di atas, saya membuat sebuah media pembelajaran yang berbentuk audio visual. Media ini adalah media video pembelajaran yang berjudul “Perebedaan Terapung dan Tenggelam”. Dengan media ini, diharapkan dapat membantu guru maupun siswa untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

B. SASARAN ATAU AUDIENS
Program video pembelajaran ini ditujukan kepada anak TK/PAUD kelompok B semester 2 bidang pengembangan kognitif. 

C. TUJUAN PROGRAM
Setelah menyaksikan dan menyimak program video pembelajaran ini, diharapkan siswa-siswi dapat:
  • Mengerti dan memahami ciri-ciri benda yang yang dimasukkan air akan terapung dan tenggelam.
  • Membedakan benda yang yang dimasukkan air akan terapung dan tenggelam.
  •  
D. DURASI WAKTU
Durasi waktu video pembelajaran ini yaitu 25 menit.

E. FORMAT PROGRAM
Program ini menggunakan format video dokumenter. 

F. GARIS BESAR ISI PROGRAM
Dalam video pembelajaran ini berisi tentang alat-alat yang akan digunakan, seperti:
  • Miniatur jangkar
  • Miniatur perahu
  • Kayu
  • Besi
  • Batu
  • Sendok
  • Toples
  • Air
  • Tenggelam
  • Mengapung
G. SINOPSIS
Program ini menampilkan sebuah video dokumenter tentang perbedaan terapung dan tenggelam dengan durasi waktu 25 menit. Tampilan awal dimulai dengan intro atau pembukaan dengan menampilkan gambar perahu dan jangkar., lalu diikuti dengan judul dari video ini. Setelah itu bagian-bagian film dari shot-shot dan sekuen-sekuen dokumenter yang menceritakan tentang perbedaan terapung dan tenggelam. Dari penampilan tersebut diselingi dengan penampilan presenter yang menjelaskan tentang pengertian dari terapung dan tenggelam tersebut, dan juga beberapa teks atau tulisan tentang benda-benda yang terapung an tenggelam. Selain itu terdapat juga musik-musik pengiring, baik musik pembukaan, musik pengiring shot, musik jeda, dan musik penutupnya. 

H. TREATMENT PROGRAM
  1. Pada awal program ditampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati, yang diikuti dengan caption “Mempersembahkan video pembelajaran” yang dilanjutkan dengan caption “Perbedaan Terapung dan Tenggelam” sebagai judul program, dan caption “Untuk Anak Kelompok B TK/PAUD” sebagai penanda video ini untuk siapa, serta caption “Selamat Menyaksikan” sebagai tanda bahwa film akan dimulai.
  2. Selanjutnya memperlihatkan potongan-potongan shot yang pendek dari benda-benda yang terapung dan tenggelam.
  3. Lalu presenter berbicara sebagai pembukaan video yang menjelaskan garis besar isi video pembelajaran tersebut.
  4. Dimulai dari shot-shot film yang menggambarkan tentang benda yang terapung dan tenggelam yang pertama yaitu perahu, dan diiringi dengan suara presenter yang memberikan penjelasan tentang gambarnya. Begitu seterusnya sampai semua shot tentang perbedaan benda yang terapung dan tenggelam habis.
  5. Di akhir film shot-shot pendek kembali ditangkan untuk mengingatkan kembali, lalu diikuti dengan presenter yang berbicara dan menyimpulkan isi film tentang perbedaan benda yang terapung dan tenggelam tersebut serta mengatakan bahwa film tersebut telah selesai.
  6. Bagian paling akhir menayangkan kerabat kerja produksi film video pembelajaran, yang diikuti dengan caption “Sekian Dan Terima Kasih”.
I. SHOOTING SCRIPT
No
Visual
Audio
1
In BlackWipe
LS: Laut/Pantai, perahu/ kapal laut, jangkar
Musik Pembuka:Fade In: In-Up-Normal-Down
2
Fade InLS: Perahu menepi ke pantai dan CU Caption “MEMPERSEMBAHKAN VIDEO PEMBELAJARAN”
Fade Out
Musik:Fade In: Up-Normal
3
Fade InCU Caption Judul “PERBEDAAN TERAPUNG DAN TENGGELAM”
Fade Out
Musik:Normal
4
Fade InCU Caption “UNTUK KELOMPOK B TK / PAUD”
Fade Out
Musik:Normal
5
Fade InCU Caption “SELAMAT MENYAKSIKAN”
Fade Out
Musik:Fade Out: Normal-Down-Out
6
In Black
Musik Penunggu
7
DissolveMCU: Perahu yang sedang berlayar
MCU: kayu yang mengapung di sungai
MS: batu yang ada di sunagai
LS: perahu yang bersandar dengan jangkar yang dibiarkan jatuh di sungai
Cut
Musik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down
8
Fade InMS: Presenter berdiri di pantai tempat perahuu bersandar
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Normal-Down
Live:
Anak-anak yang ibu banggakan, dalam video pembelajaran ini, akan menayangkan film yang menceritakan tentang benda-benda yang terapung dan tenggelam.
Setelah menyaksikan video ini, anak-anak diharapkan dapat mengerti dan memahami tentang benda-benda yang terapung dan tenggelam, serta dapat membedakannya.
9
DissolveIn Black
CU Caption “PERBEDAAN TERAPUNG DAN TENGGELAM”
CU Caption “TERAPUNG”
Musik Smash
10
DissolveMS: Kapal laut di tengah laut
MS: Perahu yang sedang berlayar
LS: Perahu di sungai
CU: Kayu yang mengapung di sungai
ECU: Plastik yang mengapung di toples berisi air
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri benda yang mengapung adalah benda berada di permukaan air, benda tersebut ringan.
11
In BlackCU Caption “PERBEDAAN TERAPUNG DAN TENGGELAM”
CU Caption “TENGGELAM”
Musik Smash
12
DissolveLS: Batu di dasar laut
LS: Batu di dasar sungai
LS: Jangkar yang jatuh di dasar laut
MS: Besi di dalam toples
CU: Sendok di dalam toples berisi air
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Cirii benda yang tenggelam adalah benda berada di dasar air, benda tersebut lebih berat.
13
In Black
Musik Penunggu
14
Fade InMS: Presenter duduk di sebuah taman
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Normal-Down
Live:
Nak-anak yang saya banggakan. Demikianlah tayangan video pembelajaran yang menceritakan tentang benda-benda yang terapung dan tenggelam. Semoga video ini bermanfaat bagi anak-anak  semua, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.
15
In Black
Musik Penunggu
16
Fade InMCU: KApal yang berada di tengah laut
LS: Perahu yang berada di tengah sungai
MCU: jangkar yang jatuh di dasar laut
MS: Batu yang ada di dasar laut
MS: Plastik yang ada di dalam toples berisi air
LS: Sendok yang ada di toples berisi air
MS: Plastik dan sendok yang ada di dalam toples berisi air.
Fade Out
Musik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down
17
CutCU: Animasi kerabat kerja
Penulis Naskah:…………………………
Sutradara:…………………………………
Presenter:………………………………….
Penata Musik:……………………………
Juru Kamera:…………………………….
Editing Film:…………………………….
Perlengkapan:……………………………
Musik:Fade In: Up-Normal-Down
18
CutCU Caption “SEKIAN”
CU Caption “TERIMA KASIH”
Musik:Fade In: Down-Under-Out

Rini guru TKN Pembina Kab. Kediri: Contoh Naskah Senam Fantasi untuk Anak TK

Rini guru TKN Pembina Kab. Kediri: Contoh Naskah Senam Fantasi untuk Anak TK